Friday, March 29, 2013

Perut Buncit karena Lemak Ini Bisa Tingkatkan Risiko Kanker Usus Besar





Jakarta, Anda mungkin telah mengetahui bahwa perut buncit akibat menumpuknya lemak di bagian perut, dapat membahayakan kesehatan. Lemak yang menumpuk pada perut adalah jenis lemak visceral yang diketahui dapat meningkatkan risiko kanker usus besar.

Berdasarkan penelitian yang dipublikasikan dalam jurnal Cancer Prevention Research, lemak visceral yang disimpan dalam rongga perut secara langsung, telah dikaitkan dengan risiko yang lebih tinggi terhadap kanker usus besar.

Sebelumnya telah banyak penelitian yang menyatakan bahwa obesitas terkait dengan berbagai macam risiko kanker. Peneliti dari Institute for Aging Research di Albert Einstein College of Medicine, mengkhususkan penelitian terhadap lemak visceral saja.

Seperti dilansir MedIndia, Kamis (7/3/2013) penelitian tersebut dipimpin oleh Derek M. Huffman, Ph.D., yang berusaha menentukan apakah dengan menghapus lemak visceral pada tikus secara genetik berpengaruh terhadap kesehatan usus besarnya, apakah hal tersebut mungkin dapat mencegah atau mengurangi perkembangan tumor.

Tikus-tikus yang terlibat dalam penelitian telah diberikan diet terbatas hingga badannya gemuk, kemudian dibagi menjadi tiga kelompok berdasarkan adanya lemak visceral. Peneliti kemudian meneliti reaksi tubuh tikus terhadap tumor usus.

Hasil penelitian menunjukkan bahwa tikus gemuk yang memiliki lemak visceral, paling banyak mengembangkan sejumlah besar tumor usus. Namun, tikus yang memiliki sedikit lemak visceral, baik dengan operasi pengangkatan atau diet kalori terbatas, mengalami penurunan jumlah tumor usus yang sangat luar biasa.

Para peneliti kemudian membagi kelompok tikus berdasarkan gender. Pada tikus betina, penghilangan lemak visceral secara signifikan terkait dengan berkurangnya tumor usus, tetapi pembatasan kalori rupanya tidak berpengaruh.

Sedangkan pada tikus jantan, pembatasan kalori memiliki efek yang signifikan pada tumor usus, namun penghilangan lemak visceral tidak menunjukkan hal yang sama. Hal ini menunjukkan bahwa ada perbedaan gender antara nutrisi dengan lingkungan tumor.

Huffman mencatat bahwa studi lebih lanjut masih diperlukan untuk mengungkap mekanisme definitif antara kanker usus dengan lemak visceral, tujuannya adalah menentukan apakah strategi untuk mengatasi perut buncit seperti operasi bariatik pada manusia aman dilakukan dan menunjukkan efek yang sama.


Anda memiliki perut buncit? Ayo aware dari sekarang... klik disini

Ingat ! SEHAT = INVESTASI


Sumber : http://health.detik.com/read/2013/03/07/093918/2188153/763/perut-buncit-karena-lemak-ini-bisa-tingkatkan-risiko-kanker-usus-besar

Hanny  
HP : 0812 1955 4273 
PIN BB : 2291c0af

No comments:

Post a Comment