Sunday, March 31, 2013

Sirkadian Siklus Metabolism Tubuh




Ternyata pola makan Herbalife sesuai dg Sirkadian Siklus metabolism tubuh...keren eeuuy..:)
 
Apa itu Sirkadian Siklus Metabolism tubuh? Saya kupas ya dari link http://nirmala.majalahnirmala.com/index.php/daftar-rubrik/food-combining/item/3683-pola-makan-sesuai-siklus-tubuh


HAMPIR SEMUA organisme di dunia memiliki sistem waktu yang disebut sebagai jam sirkadian atau Circadian Rhythm atau jam tubuh yang mengatur berbagai kegiatan metabolisme dalam 24 jam sehari semalam.



Penelitian telah membuktikan bahwa jam tubuh memainkan peran penting dalam sistim pertahanan dan kekebalan tubuh. 

Salah satunya oleh Dr Erol Fikrig dari Yale University School of Medicine dan kolaboratornya. Berdasarkan penelitian mereka, protein sistem kekebalan tubuh atau Toll-like receptor 9 (TLR9) yang memiliki kemampuan penginderaan DNA bakteri dan virus dikendalikan oleh jam sirkadian. Para peneliti telah menemukan peradangan (dalam tubuh) terkait langsung dengan perubahan siklus TLR9. 

Penelitian lain juga menemukan bahwa ada banyak masalah kesehatan terkait dengan gangguan jam sirkadian pada manusia, termasuk insomnia dan gangguan siklus tidur-bangun, depresi, bipolar disorder, dan seasonal affective disorder (SAD), juga penuaan dini dan penyakit degeneratif.

Jadi tidak salah jika Food Combaining menganjurkan pola makan harus mengikuti siklus jam tubuh. Makan buah tidak mengganggu siklus tubuh di pagi hari, bahkan sebaliknya membantu metabolism khususnya proses pembuangan. Sementara makanan tinggi protein atau pati dapat menghambat proses ini. 

Kemudian mulai tengah hari sampai sekitar jam 7 malam adalah waktunya makan karena tubuh kita sedang dalam siklus pencernaan. Jadi jangan menukar jam makan dengan tidur. 

Waktu tidur yang baik adalah jam 9 atau 10. Setelah jam 9 malam sangat dianjurkan tidak makan lagi, karena siklus penyerapan dan asimilasi makanan mulai intens bekerja. Hambatan pada satu siklus akan merembet ke siklus-siklus berikutnya, dan gangguan metabolisme pun terjadi.

Intinya Sirkadian siklus ada 3 :    
jam 04.00-12.00 fase pembuangan, 
jam 12.00-20.00 fase penyerapan,   
jam 20.00-04.00 fase pencernaan...
Jadi... dlm siklus sirkadian jam 04.00 - 12.00 adl fase cleansing/pembuangan. Makanya Herbalife menyarankan sarapan shake, tdk disarankan sarapan Carbo (Nasi). Sebaiknya ditambah buah2an segar....keren ya:)
Tp pola sarapan orang kita biasanya adl carbo+protein+lain2....pantesan byk kena penyakit degeneratif...
Pola sarapan Herbalife sdh bagus, diawali air hangat + aloe, fiber, shake....kalo msh lapar makan buah segar, jangan nasi goreng ya...=D
Yuk, ubah pola pola makan kita dg Nutrisi yg baik, dan sarapan sehat.. Yaitu sarapan dg Shake Herbalife :D



Hanny  

HP : 0812 1955 4273   
PIN BB : 2291c0af

No comments:

Post a Comment