Thursday, March 28, 2013

Dokter: Perut Adalah Otak Kedua Manusia





Jakarta, Selama ini orang tua banyak memfokuskan perkembangan anaknya di seputar organ otak. Padahal selain selain organ itu, ada juga fungsi organ-organ lain yang mempengaruhi perkembangan anak, sistem pencernaan. Bahkan bisa dikatakan, perut adalah otak kedua manusia.

"Ada yang disebut dengan insting saluran cerna. Penelitian menemukan hubungan antara saluran cerna dengan otak. Makanan yang kita makan dan bakteri yang ada di dalam saluran cerna cukup kuat mempengaruhi perilaku manusia," kata Prof. Dr. M. Juffrie, SpA.(K) Ph.D, Kepala Subdivisi Gastronepatologi Fakultas Kedokteran Universitas Gajah Mada, Yogyakarta.

Dalam acara launching 'Happy Tummy Council' yang digelar Nestle Nutrition di Hotel JW Marriot Jakarta, Senin (25/3/2013), prof Juffrie menjelaskan bahwa saluran pencernaan yang sehat sangat mempengaruhi kinerja otak yang kuat. Salah satu faktor penting bagi kesehatan pencernaan adalah adanya mikrobium di dalam pencernaan.

Mikrobium yang bermanfaat tersebut adalah probiotik dan bifidobakterium yang membantu mencerna dan memetabolisme makanan. Adanya perubahan mikrobium ini mempengaruhi perubahan kimia otak. Beberapa penelitian menemukan bahwa gangguan pencernaan seringkali berhubungan dengan kecemasan dan depresi.

"Saluran cerna, sensori dan otak itu ada hubungannya. Contohnya, orang yang merasa jengkel bisa jadi mual. Orang yang merasa sakit perut juga indra sensorinya jadi tidak baik," terang dr Dr. Ahmad Suryawan, SpA(K), Ketua Divisi Tumbuh-Kembang Anak RS Dr. Sutomo, Surabaya.

Dr Suryawan menjelaskan, otak membutuhkan energi agar dapat menjalankan fungsinya dengan baik. Saluran cerna tak hanya berfungsi menyerap zat gizi, melainkan berkomunikasi dua arah melalui mekanisme tertentu yang disebut gut-brain axis. Jadi sistem saraf memberi mengatur kinerja saluran cerna, sedangkan saluran cerna memberi nutrisi untuk perkembangan otak.

"Saking pentingnya, sampai ada istilah 'Gut is a second brain', perut adalah otak kedua manusia," terang dr Suryawan.


Sayangi tubuh dan keluargamu !
SEHAT = INVESTASI

Sumber : http://health.detik.com/read/2013/03/25/152621/2203057/763/dokter-perut-adalah-otak-kedua-manusia



Hanny  
HP : 0812 1955 4273 
PIN BB : 2291c0af


No comments:

Post a Comment