Friday, March 29, 2013

Jauhi Diet Ketat Agar Tulang Tak 'Terkikis'





Jakarta, Tubuh yang indah merupakan idaman pria dan wanita. Banyak orang akhirnya memutuskan untuk diet ketat agar mendapatkan bentuk tubuh seperti model. Tetapi hal lain yang perlu Anda ketahui, diet ketat ternyata dapat menimbulkan pengeroposan tulang.

"Tidak tepat menggunakan (istilah) pengikisan, lebih tepatnya pengeroposan tulang. Hal ini terjadi karena diet ketat akan mengurangi gizi yang diperlukan pada tulang kita. Gizi yang tidak seimbang dapat membuat tulang menjadi rapuh," kata dokter spesialis tulang, dr Rahyussalim, SpOT (K) Spine, Rabu, (6/3/2013).
 

Dr Rahyussalim juga menyampaikan ada beberapa yang orang mengalami akibat parah dari diet ketat tersebut. "Pernah ada model yang mengalami patah tulang saat ia berjalan di catwalk, dan setelah dilihat itu ternyata akibat dari diet ketat yang ia jalani. Tetapi kasus seperti ini sudah jarang diangkat," tuturnya.

Kurangnya kalsium pada tulang akan menyebabkan tulang menjadi lemah, belum lagi jika kurang berolah raga dan beraktivitas. Khususnya pada tulang belakang sebagai penopang dan pembentuk postur tubuh, akan sangat menakutkan jika seseorang harus mengalami pengeroposan tulang di usia muda.


"Jalan satu-satunya ya operasi, belum ada obat-obatan yang dapat menyembuhkannya. Tulang itu bisa pulih kembali, seperti kalau rumah kebakaran saja, masih bisa dibangun lagi," kata dr Rahyussalim.

"Ketika tulang belakang keropos dan postur tubuh semakin bungkuk, volume rongga dada akan semakin sempit sehingga dapat menekan jantung," imbuhnya.

Pada orang-orang yang tulangnya terkikis serta berakibat membungkuknya tulang belakang sebaiknya segera ditangani. Penggunaan korset hanya membantu untuk mengoreksi dan tidak akan memberikan hasil yang maksimal.

Tubuh yang terlampau kurus bisa menyulitkan. Karena itu lebih baik memiliki badan yang ideal, tidak terlalu gemuk tetapi juga tidak terlalu kurus. Untuk mendapatkan proporsi tubuh ideal, jangan gunakan cara instan yang malah membahayakan. Lebih baik olahraga teratur dan makan makanan bergizi.

Sakit di tulang baru-baru ini dikeluhkan oleh penyanyi Tanah Air, Maia Estianty. Menurut sang manajer, Theo, Maia sudah merasakan sakit pada tulang belakangnya sejak dua minggu yang lalu.

Penyakit tersebut sangat mengganggu aktivitas pentolan 'Duo Maia' itu. Bahkan, untuk sekadar jongkok pun Maia merasakan nyeri. Maia masuk ke Rumah Sakit Graha Kedoya pagi kemarin, Selasa (5/3). Setelah mendapat perawatan, Maia pun akhirnya diizinkan pulang pada Rabu (6/3) sekitar pukul 12.00 WIB.


Yuk klik disini untuk mendapatkan diet sehat
SEHAT = INVESTASI

Sumber : http://health.detik.com/read/2013/03/07/173552/2188835/763/jauhi-diet-ketat-agar-tulang-tak--terkikis-


Hanny  
HP : 0812 1955 4273 
PIN BB : 2291c0af

No comments:

Post a Comment