Friday, March 29, 2013

Tips Diet Sehat untuk Si Kurus Agar Jadi Lebih Berisi


img


Jakarta - Sementara banyak orang yang berusaha keras menurunkan berat badan dengan diet ketat dan latihan intensif, ada pula yang justru ingin menggemukkan tubuhnya karena terlalu kurus. Tapi sama seperti diet penurunan berat badan, tidak semua diet untuk menaikkan bobot tubuh itu sehat.

Salah satu cara sehat untuk mendapatkan badan yang lebih berisi adalah berkonsultasi dengan ahli gizi. Para pakar ini bisa membantu Anda menaikkan berat badan dengan strategi yang aman, efektif dan berjangka panjang.

Namun jika ingin mulai mencoba diet penambahan berat badan sendiri, ada beberapa cara praktis dan tentunya sehat.

"Jika ingin naik berat badan cara sehat, jangan terperangkap dengan memakan es krim, cheeseburger dan donat," ujar Cynthia Sass, M.P.H. R.D, seperti dikutip dari Huffington Post.

Tips dari Cynthia, makanlah lebih sering, setiap tiga hingga empat jam. Tubuh Anda bagaikan mesin yang selalu menyala, jadi memerlukan asupan energi yang terus menerus. Ketika melewatkan jam makan atau beraktivitas seharian tanpa nutrisi yang cukup, tubuh akan mengambil cadangan lemak dan energi di otot. Akhirnya massa otot menurun terjadilah kekurangan berat badan.

Mulailah dengan mengonsumsi ekstra 200 kalori setiap hari, dari angka kebutuhan berjumlah 1.800 sampai 2.000 kalori. Menurut trainer Jen Cassetty, Anda tidak harus sekaligus menambah kalori dalam jumlah besar. Hal ini untuk melihat respon tubuh terhadap penambahan kalori tersebut.

Pakar gizi Katherine Zeratsky dari Mayo Clinic menyarankan Anda untuk mengonsumsi makanan kecil di sela-sela jam makan. Tapi ingat, pilih camilan yang sehat. Seperti kacang-kacangan, buah kering, buah potong segar atau alpukat.

Kalori juga bisa ditambah dengan cara diminum. Tapi bukan berarti Anda harus meminum minuman manis gula. Karena bisa menciptakan masalah kesehatan lain seperti gula darah tinggi, diabetes dan penyakit jantung. Minumlah sesuatu yang lebih sehat dan kaya nutrisi seperti smoothie dari almond dan susu, jus berry, atau shake.

Menambah ekstra kalori belum cukup untuk menaikkan berat badan secara sehat. Lakukan juga latihan kekuatan untuk membentuk massa otot. Nutrisionist Dr. Melina Jampolis mengatakan, "Tubuh Anda bissa membentuk setengan pon otot tiap minggunya. Jadi jika Anda makan ekstra kalori dengan jumlah cukup, tubuh bisa gemuk. Saya sarankan menambah kalori antara 250 sampai 500 per hari."

Intinya, apapun yang Anda lakukan untuk menaikkan berat badan, pastikan nutrisinya tetap benar dan seimbang. Anda tentunya tidak mau tubuh justru menjadi kegemukan karena kalori yang terlalu berlebih.


Sumber : http://wolipop.detik.com/read/2013/02/04/103858/2160248/849/tips-diet-sehat-untuk-si-kurus-agar-jadi-lebih-berisi


Hanny  

HP : 0812 1955 4273   
PIN BB : 2291c0af

No comments:

Post a Comment