Thursday, March 28, 2013

Nutrisi Jelang Persalinan Tak Terpenuhi, Fungsi Gen Bayi Bisa Kocar-kacir





Jakarta, Ibu hamil terkenal banyak pantangan, termasuk tak boleh banyak bergerak, terlalu capek dan harus pilih-pilih makanan. Tapi pilih-pilih makanan bagi ibu hamil memang persoalan krusial. Pasalnya sebuah studi baru mengungkap bahwa makanan yang dikonsumsi calon ibu beberapa hari atau minggu menjelang persalinan akan mempengaruhi fungsi gen dan kesehatan anak-anaknya hingga dewasa.

Dalam studi yang didanai Departemen Pertanian AS tersebut, peneliti dan pakar genetika molekuler, Robert A. Waterland dan rekan-rekannya mengamati fungsi gen 50 anak sehat yang tinggal di pedesaan Gambia, Afrika Barat.

Dari pengamatan tersebut Waterland mencoba mencari tahu tentang efek NUTRISI, terutama makanan yang dikonsumsi ibu jelang persalinan atau biasa dikenal dengan periconceptional nutrition terhadap apa yang disebut para pakar genetika sebagai 'mekanisme epigenetik'.

Peneliti dapat mencontohkan bahwa mekanisme ini dapat mempengaruhi aspek-aspek seperti proses biokimia harian dan metilasi DNA yang terjadi pada beberapa gen tertentu. Padahal metilasi DNA penting bagi perkembangan sel sekaligus menstabilkan fungsi sel tersebut.

Seperti dilansir dari zeenews, Kamis (14/3/2013), Waterland dan rekan-rekannya menemukan bahwa tingkat metilasi DNA terlihat lebih tinggi pada lima gen pada si calon bayi selama puncak musim hujan yaitu antara Agustus dan September, ketika para ibu biasanya mengalami kekurangan pasokan makanan.

Bahkan menurut Waterland, dua dari lima gen yang dapat meningkatkan proses metilasi DNA memerlukan studi lanjutan tersendiri karena keduanya dikaitkan dengan risiko sejumlah penyakit. Gen SLITRK1 diketahui memiliki keterkaitan dengan sindrom Tourette sedangan gen PAX8 ada hubungannya dengan hipotiroidisme.

Dari situ peneliti dapat menyimpulkan bahwa variasi epigenetik bergantung pada perbedaan musim yang mempengaruhi keberadaan stok dan jumlah makanan yang tersedia bagi ibu hamil. Jadi jika si ibu hamil tak memperoleh NUTRISI yang dibutuhkannya, terutama menjelang kelahiran si buah hati dikhawatirkan kondisi ini akan mempengaruhi metilasi DNA yang terjadi pada sel-sel calon bayinya, yang pada akhirnya mempengaruhi kesehatan si jabang bayi secara menyeluruh.
Studi ini telah dipublikasikan dalam jurnal PLoS Genetics.


Sayangi tubuh dan keluargamu !
SEHAT = INVESTASI

Sumber : http://health.detik.com/read/2013/03/14/170052/2194231/1299/nutrisi-jelang-persalinan-tak-terpenuhi-fungsi-gen-bayi-bisa-kocar-kacir





Hanny  
HP : 0812 1955 4273 
PIN BB : 2291c0af



No comments:

Post a Comment