Friday, April 12, 2013

Memangnya Kenapa Kalau Kolesterolnya Tinggi?




Jakarta, Kolesterol sudah mendapatkan stigma negatif karena seringkali menjadi penyebab dari penyakit yang mematikan.

Namun pada dasarnya kolesterol tetap dibutuhkan dalam jumlah normal agar fungsi tubuh berjalan dengan baik. Lantas apa yang terjadi pada tubuh ketika kolesterol tinggi?

Kolesterol adalah zat lemak yang ditemukan dalam darah dan sel-sel tubuh dan merupakan nutrisi penting yang diperlukan tubuh manusia untuk menjalankan fungsi utamanya.

Menurut American Heart Association (AHA), kolesterol digunakan untuk membentuk membran sel dan hormon.

Kolesterol memang dibutuhkan oleh tubuh, tapi sebenarnya tanpa asupan kolesterol dari luar pun kebutuhannya sudah terpenuhi dengan baik. Karena 80 persen kolesterol dihasilkan dari dalam tubuh (organ hati) dan 20 persen sisanya dari makanan.

Kolesterol hanya ditemukan dalam produk makanan hewan seperti kuning telur, daging merah, jeroan, unggas, kerang, krim dan produk susu.

Seseorang memiliki kadar kolesterol normal jika ukurannya 160-200 mg, sedangkan masuk kondisi berbahaya jika sudah di atas 240 mg karena bisa menyebabkan penyakit pembuluh darah.

"Jadi kolesterol kaitannya dengan endapan lemak. Kalau misal totalnya di atas 200 mg, itu artinya nanti kolesterol tidak semuanya jalan, ada yang mengendap di dinding pembuluh darah atau terjadi plak lemak (ateroma)," jelas dr. Bahdar T. Johan, SpPD, ahli penyakit dalam RS Premiere Bintaro, saat berbincang dengan detikHealth, seperti ditulis Rabu (8/8/2012).

Kondisi ini, lanjut dr Bahdar, bisa menyebabkan aterosklerosis, yaitu kondisi pengerasan pembuluh darah dan penyempitan.

"Jadi kalau orang dengan kolesterol tinggi itu kaitannya dengan jantung koroner dengan stroke," tegas dokter yang mengambil spesialis di Fakultas Kedokteran Universitas Indonesia.

Selain itu, ada satu lagi fraksi dari lemak ada namanya trigliserida. Kalau trigliserida jumlahnya ekstrem tinggi, kadang bisa menyebabkan pankreatitis, yaitu kondisi di mana organ pankreas mengalami peradangan akibat tingginya trigliserida.

"Kalau pankreatitis akut tidak menyebabkan diabetes, tapi kalau terjadi secara kronik maka bisa menyebabkan diabetes," tutup dr Bahdar.


Sebelum jadi kronik klik disini yuk

Sumber : http://health.detik.com/read/2012/08/08/095917/1985959/775/memangnya-kenapa-kalau-kolesterolnya-tinggi?l771108bcj

 
Hanny  
HP : 0812 1955 4273  PIN BB : 2291c0af

No comments:

Post a Comment