Thursday, April 11, 2013

Kebiasaan yang Harus Dilakukan untuk Turunkan Kolesterol




Jakarta, Masalah kolesterol tinggi dialami ratusan juta orang di seluruh dunia. Penyebab utamanya kebanyakan adalah karena makanan, meskipun ada beberapa penyebab lain. Jika sudah kadung tinggi, ada beberapa hal yang perlu dilakukan untuk menurunkannya.

Seseorang dikatakan memiliki kadar kolesterol normal jika ukurannya 160-200 mg sedangkan masuk kondisi berbahaya jika sudah di atas 240 mg karena bisa menyebabkan berbagai penyakit pembuluh darah seperti penyakit jantung koroner dan stroke.

"Yang perlu dilakukan adalah MENGUBAH LIFESTYLE, perbanyak olahraga dan menghindari makanan-makanan tertentu," jelas dr. Bahdar T. Johan, SpPD, ahli penyakit dalam RS Premiere Bintaro, saat berbincang dengan detikHealth, seperti ditulis Rabu (8/8/2012).

1. Ubah gaya hidup

Lifestyle atau gaya hidup yang bisa memicu kolesterol antara lain merokok. Merokok dapat menurunkan kolesterol baik Anda sehingga yang beredar di tubuh hanya kolesterol jahat. Kolesterol jahat ini jika tidak dikendalikan bisa berakibat fatal.

Selain itu berat badan berlebih juga dapat memicu kolesterol tinggi. Diketahui kelebihan berat badan dapat meningkatkan trigliserida dan menurunkan HDL (kolesterol baik).

2. Perbanyak olahraga

Tubuh manusia didesain untuk selalu bergerak sehingga sangat dianjurkan untuk banyak bergerak. Coba perhatikan apakah kegiatan Anda lebih banyak duduk atau tidur dan jarang berjalan kaki. Kurang bergerak dapat meningkatkan LDL (kolesterol jahat) dan menurunkan HDL (kolesterol baik).

Lakukan olahraga rutin setidaknya 30 menit setiap hari. Sebuah studi tahun 2009 di North Carolina University terhadap lebih dari 8.000 menemukan bahwa orang yang berolahraga ringan selama 30 menit dalam beberapa hari seminggu dapat menurunkan tingkat trigliserida dan meningkatkan HDL.

3. Hindari makanan tertentu

Kolesterol umumnya berasal dari lemak hewani seperti daging kambing, kuning telur, daging merah, jeroan, unggas, kerang, krim dan produk susu, meski tidak sedikit yang berasal dari lemak nabati seperti santan dan minyak kelapa.

"Untuk makanan, kurangi lemak, santan, minyak, goreng-gorengan dan perbanyak NUTRISI. Jadi kalau bisa pakai minyak jangan yang jenuh, pakai lemak tak jenuh. Misalnya minyak zaitun, minyak jagung, tapi kalau minyak kelapa atau minyak yang dimasak berulang itu minyak jenuh," tandas dr Bahdar.

Agar kolesterol tetap terkontrol dibutuhkan pola hidup sehat (diet dan olahraga), berhenti merokok dan juga kepatuhan minum obat (bagi yang menderita kolesterol tinggi).


Sumber : http://health.detik.com/read/2012/08/08/155236/1986430/775/kebiasaan-yang-harus-dilakukan-untuk-turunkan-kolesterol?l771108bcj

Hanny  
HP : 0812 1955 4273   
PIN BB : 2291c0af

No comments:

Post a Comment